Sejarah Keris dan Perkembangannya by jasa iklan

Posted by Unknown Kamis, 18 April 2013 0 komentar

Keris Merupakan senjata atau benda pusaka peninggalan kerajaan kerajaan di nusantara. Tentu masyarakat indonesia sudah tak asing lagi dengan keris walaupun tidak pernah memiliki benda tersebut. Menurut asal usulnya keris belum bisa dijelaskan secara pasti karena tidak ada sumber tertulis yang deskriptif mengenainya  dari jaman sebelum abad 15 . Senjata bentuk tajam dari Kebudayaan Donson dan Tiongkok diduga menjadi sumber Inspirasi pembuatan bentuk keris, dugaan pengaruh kebudayaan kuno dalam penggunaan senjata tikam, sebagai cikal bakal keris, kebudayaan dongson(vietnam) menjadi jembatan masuknya kebudayaan tiongkok ke Nusantara. Sedangkan menghormati benda benda pusaka dari logam merupakan pengaruh dari kebudayaan India khusus nya Siwaisme.

Prasasti Dakuwu (abad 6) menunjukkan Ikonografi India yang menampilkan wesi aji , seperti trisula, arit, kudhi dan keris sombro. Para sejarawan bersepakat bahwa keris dari periode pra-shingasari , dikenal sebagai keris buda , yaitu keris yang berbentuk pendek dan lurus (tidak berluk)  dianggap sebagai bentuk awal (prototipe) keris. Pahatan megalitikum sampai abad 10-11 masehi kebanyakan menampilkan bentuk  senjata tikam dan wesi aji lainnya mirip senjata dari dongson maupun india. Yang paling menyerupai keris adalah peninggalan megalitikum dari lembah basemah lahat sumatra selatan abad 10 masehi.

Keris baru mencapai bentuknya seperti yang kita kenal sekarang diperkirakan baru sekitar abad 13 masehi. Budaya keris mencapai puncaknya pada masa kerajaan majapahit. seperti yang di sebutkan dalam catatan Ma Huan dari tahun 1416 (anggota ekspedisi Ceng Ho), pada masa itulah perkembangan keris menyebar sampai ke, Riau, Palembang, brunei , semenanjung malaya, kamboja filipina selatan, bahkan sampai ke pathani dan surathani thailand bagian selatan.

Sejalan dengan perkembangan di sistim kehidupan sosial , fungsi keris mengalami perubahan seperti pada keris yang semula merupakan senjata menjadi barang keramat yang dihormati, barang yang dipuja lambang ikatan keluarga, tanda jasa, pangkat atau jabatan, barang mewah sampai akhirnya dianggap sebagai karya seni.

Keris dibuat oleh Empu yaitu sebutan bagi seorang pandai besi yang membuat keris. Biasanya seorang empu merupakan keluarga istana(keraton) atau punggawa/pengabdi keraton. Keris memiliki bagian utama lain yaitu  pegangan / hulu keris dan warangka/sarung keris, pegangan keris memiliki bermacam macam motif tergantung dari daerah pembuatannya. Misal di bali pegangan keris bentuk atau motifnya menyerupai dewa, pendeta, penari raksasa. di Sulawesi motifnya menggambarkan burung laut dan masih banyak lagi bentuk motifnya didaerah2 lain yang unik.

Beberapa keris yang terkenal :

  1. Keris Mpu Gandring
  2. Keris Pusaka Setan Kober
  3. Keris Kyai Sengkelat
  4. Keris Pusaka Naga Sasra Sabuk Inten
  5. Keris Carubuk
  6. Keris Kyai Condong Campur
  7. Keris Taming Sari
  8. Keris Si Ginje
Itulah uraian singkat tentang sejarah keris . hehe capek juga nulisnya.bila ada kurangnya mohon dikmaklumi :D. kawan kawan jangan lupa kunjungi website kami ya jasa iklan   silahkan direwiew dari segi tampilan atau seonya... terimakasih salam sukses by jasa iklan



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sejarah Keris dan Perkembangannya by jasa iklan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://kipasin.blogspot.com/2013/04/sejarah-keris-dan-perkembangannya-by.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Jasa Iklan dan SEO support Pulsa Murah Terpercaya - Original design by Bamz | Copyright of hal hal unik di dunia kipasin.blogspot.com.